RICKY'S BLOG

Welcome to My Blog

Kamis, 14 Januari 2010

seputar laptop

Laptop yang beredar di pasaran sekarang sudah memiliki spesifikasi perangkat keras yang memadai untuk menggunakan Windows Vista, bahkan ada beberapa yang sudah preinstall dan installed WIndows Vista baik Home Basic, Home Premium sampai Buisnes. Tapi ada beberapa kendala yang ditemui. Karena pengguna laptop belum terbiasa dengan Vista dan dukungan software dan aplikasi yang masih jarang untuk Vista maka si pengguna laptop ingin beralih lagi ke Windows XP. Down-grade Vista to Xp.

Belakangan, sejumlah produsen PC gencar meluncurkan laptop 'murah' seharga Rp 3-4 jutaan ke pasar PC tanah air. Meski demikian, Hewlett-Packard (HP) tak mau langsung terpancing dengan mengikuti langkah pesaingnya tersebut.

Mariana Kasim, Marketing Director Imaging Printing Group and Personal Systems Group Hewlett-Packard Indonesia mengatakan, selama ini HP telah mempunyai strategi marketing sendiri. Strategi tersebut berasal dari regional dan diadaptasi serta dimplementasikan di Indonesia sesuai kebutuhan.

Jadi kalau tiba-tiba pesaing meluncurkan laptop murah, HP belum tentu akan langsung mengikuti langkah kompetitor. "Tapi setidaknya, langkah kompetitor akan mempengaruhi adaptasi strategi kita. Apakah itu kita percepat, diubah tergantung kondisi, kita fleksibel," ujarnya.

Mariana pun tidak menampik bahwa HP selalu mengawasi setiap langkah pesaing dan perkembangan pasar. "Namun yang pasti, kita tidak akan meluncurkan (produk) hanya karena kompetitor meluncurkan, dan fight with price. Tapi, kita lebih kepada meluncurkan karena itu memang kebutuhan konsumen." tegasnya, kepada beberapa wartawan di sela jumpa pers Hewlett-Packard Painting School di Kidzania, Pacific Place, Jakarta, Selasa (19/2/2008).

Seperti diketahui, Asus dan Zyrex baru meluncurkan Eee PC dan Anoa yang dihargai Rp 3-4 jutaan. Sementara laptop besutan HP yang termurah -- HP 520 -- masih bermain di harga Rp 5 jutaan.

"Kita tak takut tertinggal dalam meluncurkan laptop murah. Sebagai seorang marketing, kita diharapkan memang harus menjadi yang terdepan, tapi yang lebih penting adalah memberikan produk yang lebih baik, sesuai, cocok dan tidak dengan mengorbankan kualitas prioduk itu sendiri," tandas Mariana








Jika Anda akan membeli laptop/notebook dalam waktu dekat ini, simak saran yang perlu diketahui dan dipertimbangkan.

Yang pertama untuk dijawab adalah untuk keperluan apa Anda membeli laptop? hanya untuk mengetik, untu mendengar musik, untuk programming, apa untuk main game dan disain grafik? Tentunya sayang beli laptop yg mempunya spek yg tinggi kalo hanya untuk mengetik mendengar musik atau hnya utk listing program (utk para programer).

1. CPU, prosesor

Jika Anda tidak mempunyai dana yg tidak terlalu banyak dan kebutuhan laptop hanya untuk mendengarkn musik dan mengetik sebaiknya anda menggunakan prosesor yg kecepatannya biasa saja, Pentium 4, P4 Centrino cocok utk keperluan itu. Jika menggunakan Core Duo apalagi core 2 duo akn mubazir kecuali memang dana anda berlebih.
Bila kebutuhannya untuk main game dan disain grafik maka kecepatan prosesor sangat mendukung. Jadi spek tinggi sangat dibutuhkan utk para gamer dan disainer.

2. Operating system

Tentunya pertimbangan membeli laptop yang langsung built in OS (operating sistemnya sudah terinstal) sangat disarankan, karena kalau beli secara terpisah akan lebih mahal. Jika keperluan hanya untuk mengetik dan mendengarkan musik (jika Windows) cukup dengan Windows XP Home Edition atau Vista Home. Tapi jika keperluannya untuk bisnis, para disainer lebih baik menggunakan Windows XP Professional.
Laptop/Notebook buatan Apple Macintosh sangat disarankan utk para disainer.

3. Video card

Jika keperluan untuk disainer dan gamer, Anda HARUS memilih laptop/notebook yang mempunya Video card yang DEDICATED bukan yang SHARE. Sbb kualitas vga yang dedicated akan menghasilkan gambar yg halus dan detail. Keuntungan lain yg dedicated adalah bisa diupgrade ke kapasitas video card yg lebih tinggil. Video card yang share tidak dapat diupgrade.

4. Hard Disk

Pilih laptop dengan kapasitas HD yang besar sebab laptop berbeda dengan PC biasa. PC biasa bisa menambah kapasitas HD dengan cara menambah tanpa membuang/mengganti HD yg lama, tapi laptop harus menggantinya.. jadi pertimbangkan dengan matang tentang memilih kapasitas hard disk.

5. Memory

Memory atau RAM sangat menunjang dapat kecepatan akses sebuah laptop. Pilih laptop yg mempunyai RAM yg tinggi. Untuk saat ini RAM 512MB-1GB adalah sudah standar yang perlu diperhatikan adalah slot (tempat RAM dipasangkan) masih ada yg kosong apa sudah penuh. Pilihlah laptop yg mempunyai slot memory yg banyak karena jika cuma satu maka jika kita mau menambah mau tidak mau akan membuang RAM yg sebelumnya tapi jika masih ada slot kosong maka kita tinggal menambahkannya saja.


6.Baterai/battery

Perimbangkan jumlah cell batere yg akan kita beli sebb semakin banyak jumlah cell bantere maka akan semakin lama batere memberi konsumsi daya kepada laptop kita. Coba lihat postingan saya sebelumnya mengenai batere. Biasanya si penjual mempunyai option atau pilihan tentang jumlah cell batere yg akan kita beli, tentunya semakin banyak jumlah cell maka semakin mahal harganya.


7.Ukuran layar

Jangan pilih layar terlalu besar jika penggunaan laptop bukan untuk disain grafis. Pertimbangkan kepraktisan ukuran sebab semakin besar layar laptop maka berat, ukuran laptop akan semakin besar. Maksimum (saran rekomendasi) layar yg boleh dipilih adalah 15". Pilih layar yang sudah glossy (sperti cermin) sebb model dan tipe ini dapat melihat tampilan windows dari segala sudut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar